Selasa, 23 Februari 2010

Penyimpangan ( teknik untuk meningkatkan kualitas dari gambar )

- texture - maps : memetakan pada sebuah gambar pada permukaan geometri dan untuk membuat permukaan yang detail.

- environment - maps : memetakan refleksi lingkungan sebagai suatu tekstur yang akan dipetakan pada sebuah objek geometri.

- bump - maps : untuk menciptakan suatu tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasi pada objek.grafis komputer teknik di mana pada setiap pixel, sebuah Usikan ke permukaan normal objek yang diberikan adalah mendongak dalam peta tekstur dan diterapkan sebelum dilakukan perhitungan iluminasi (lihat, misalnya, Phong shading). Hasilnya adalah lebih kaya, lebih rinci representasi permukaan yang lebih mirip dengan rincian yang melekat pada alam. Normal dan pemetaan paralaks yang paling sering digunakan cara membuat gundukan, dengan menggunakan teknik-teknik baru yang membuat bumpmapping menggunakan Skala abu-abu usang.

- normal - maps : normal maps bekerja dengan cara yang sama dengan bump-map tetapi normal - map menngunakan tekstur berwarna.

- shadow - maps : untuk membuat bayangan pada sebuah objek dan dilihat dari sumber cahaya. proses di mana bayang-bayang ditambahkan ke grafik komputer 3D. Konsep ini diperkenalkan oleh Lance Williams pada tahun 1978, dalam sebuah makalah berjudul “Casting melengkung bayangan pada permukaan lengkung”. Sejak saat itu, telah digunakan baik dalam pra-dirender adegan, secara realtime, bahkan di banyak konsol dan PC high-end game. Bayangan pemetaan digunakan oleh Pixar ’s RenderMan, dan sebaliknya, bayangan pemetaan telah digunakan dalam film-film seperti Toy Story.

Teknik dalam geometri

- Texture-mapping : sebuah metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan (a bitmap atau raster image), atau warna ke dihasilkan komputer grafis atau model 3D.

- polygonization : untuk merubah bentuk asli objek tetapi membutuhkan resource hadware yang besar.

- splines : suatu teknik yang menngunakan repersentasi permukaan matematis (polinomial). Dalam ilmu komputer subbidang yang dibantu komputer desain dan komputer grafis, istilah "spline" lebih sering merujuk pada sebuah piecewise polinomial (parametrik) kurva. Kurva Splines populer dalam subbidang ini karena kesederhanaan konstruksi mereka, mereka kemudahan dan akurasi evaluasi, dan kapasitas mereka untuk perkiraan bentuk kompleks melalui pemasangan kurva dan kurva desain interaktif.

- implicit surface : teknik ini berdasarkan pada fungsi x, y, z yang memiliki hasil 0 { f (x, y, z)=0}.

- subdivision surfaces : membagi beberapa objek menjadi segitiga yang bertumpuk.

- degradasi tingkay detail (level of detail ) : mengganti sebuah poligon pada objek yang berada pada posisi yang jauh.

- mesh - decimation : mengurangi polygon pada suatu objek untuk menghemat waktum rendering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar