Rabu, 17 Maret 2010

PENCAHAYAAN ( GRAFIK KOMPUTER )

Lighting in Computer Graphics mengacu pada Penempatan lampu dalam sebuah adegan untuk Mencapai efek yang diinginkan.
Gambar sintesis dan animasi paket semuanya mengandung berbagai jenis lampu yang dapat ditempatkan di lokasi yang berbeda dan dimodifikasi dengan mengubah parameter. Gambar animasi sintesis dan paket semuanya mengandung berbagai jenis lampu yang dapat ditempatkan di lokasi yang Berbeda dan dimodifikasi dengan mengubah parameter. Terlalu sering, orang-orang yang membuat gambar atau animasi mengabaikan atau tempat sedikit penekanan pada pencahayaan. Terlalu sering, orang-orang yang membuat gambar atau animasi mengabaikan atau tempat sedikit penekanan pada pencahayaan. Ini sangat disayangkan karena pencahayaan adalah bagian yang sangat penting gambar sintesis. Ini sangat disayangkan karena pencahayaan adalah bagian yang sangat penting gambar sintesis. Penggunaan yang tepat lampu dalam sebuah adegan adalah salah satu hal yang membedakan orang-orang yang berbakat CG dari tidak berbakat. Penggunaan lampu yang tepat dalam sebuah adegan adalah salah satu hal yang membedakan orang-orang yang berbakat tidak berbakat dari CG. Ini bukan topik baru sebagai karya besar telah dilakukan pada masalah pencahayaan dalam fotografi, film, dan video. Topik baru ini bukan Sebagai karya besar telah dilakukan pada masalah pencahayaan dalam fotografi, film, dan video. Sejak Image Sintesis sedang mencoba untuk meniru realitas, kita dapat belajar banyak dari karya sebelumnya. Sejak Image Sintesis sedang mencoba untuk Meniru realitas, kita dapat belajar banyak dari karya sebelumnya.

Pencahayaan dapat digunakan untuk menciptakan lebih banyak dari efek 3D dengan memisahkan latar depan dari latar belakang, atau dapat menggabungkan dua untuk menciptakan efek 2D yang datar. Hal ini dapat digunakan untuk mengatur suasana hati dan emosional untuk mempengaruhi penonton. Pencahayaan dapat Digunakan untuk Menciptakan lebih banyak dari efek 3D dengan memisahkan dari latar depan latar belakang, atau dapat menggabungkan dua untuk membuat efek 2D yang DATAR. Hal ini dapat Digunakan untuk Mengatur suasana hati dan emosional untuk Mempengaruhi penonton.

Dalam bagian ini kita akan membahas berbagai jenis lampu biasanya tersedia dalam suatu sistem CG, bagaimana lampu digunakan dalam film dan video, dan bagaimana mereka dapat digunakan dalam CG. Dalam bagian ini kita akan membahas berbagai jenis lampu biasanya Tersedia dalam sistem Suatu CG, bagaimana lampu Digunakan dalam film dan video, dan bagaimana mereka dapat Digunakan dalam CG. Untuk lebih mendalam diskusi, lihat "Pixel Sinematografi: Sebuah Pendekatan Lighting for Computer Graphics (SIGGRAPH 96 - Course 30)" Untuk diskusi lebih mendalam, lihat "Pixel Sinematografi: Sebuah Pendekatan Lighting for Computer Graphics (SIGGRAPH 96 - Course 30)

sifat dasar cahaya

1. Cahaya dapat menembus

  • Cahaya dapat menembus bahan-bahan yang tidak padat seperti kain, kertas kalkir dan kaca sehingga kualitas kerasnya cahaya dapat dibuat lunak atau soft.

2. Cahaya dapat difokuskan

  • Cahaya dapat kita salurkan kearah mana kita kehendaki, dia dapat dikumpulkan dan difokuskan agar kuantitasnya lebih besar lagi. Sebagai contoh adalah sinar Matahari yang difokuskan oleh surya kanta atau kaca pembesar.

3. Cahaya dapat dipantulkan

  • Cahaya itu dapat pula kita belokan atau kita pantulkan dengan benda yang mempunya daya pantul yang tinggi seperti cermin, styrofoam, kertas perak dll yang lazim kita sebut dengan reflektor untuk menyinari bagian-bagian yang gelap.

4. Cahaya mempunyai warna

  • Semua sumber cahaya mempunyai warna atau umumnya kita sebut dengan suhu warna dalam hitungan derajat Kelvin dan dapat diukur dengan Kelvin Meter / Color Meter.

Walaupun tidak secara fisik memberikan efek yang sama dengan suhu panasnya api atau dinginnya es, secara psikologi warna dapat juga dikelompokan seperti contoh warna yang hangat (merah & kuning) dan dingin (biru & hijau).

Bayangan (Shadow)

Pada dunia nyata maupun dunia maya, rasanya tidak mungkin kita membicarakan cahaya tanpa membicarakan bayangan. Kedua hal tersebut tidak terpisah dan saling berhubungan karena bayangan akan muncul saat cahaya jatuh menyinari suatu objek. Pada dunia maya, layaknya cahaya, terdapat beberapa jenis bayangan yang dapat dihasilkan oleh komputer. Pada bagian kita akan membahas mengenai bayangan untuk memahami karakteristiknya dengan tujuan agar kita dapat mengeksploitasi bayangan semaksimal mungkin pada scene yang akan dibuat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar